Kue Putu Ayu


Hari ini rencana bikin putu ayu. Bahan-bahan sudah saya kumpulkan di meja, sekalian saya timbang. Pas mau ngeluarin mixer dari lemari, lampu mendadak mati. Ya ampun... mana telur udah saya pecah dan saya satukan dengan gula, kalau nunggu lampu nyala takutnya berpengaruh dengan telur tersebut. Akhirnya, saya nekad mengocok dengan mesin tangan alias manual. Segera saya ambil whisk dan mulai acara kocok mengocok. Hampir 10 menit saya mengocok telur dan gula tersebut biar jadi satu. Saya tak tahu apakah hasil kocokan barusan sudah mengembang apa blom. Yang saya tahu tangan saya yang semakin mengembang. Phhiiuuh...  

Tahap membuat adonan sudah selesai. Tinggal pengukusan. Ini membuat saya deg degan, bakal jadi nggak ya putu ayunya. Bismillah saya letakan cetakan putu ayu di dandang dan berharap putu ayunya bisa mengembang plus khawatir takut jadi bantat. Setelah 15 menit saya lihat, alhamdulillah putu ayunya mengembang cantik. Jadi nggak sia-sia ngocok secara manual..

Sudah cukup saya berceloteh. Putu ayu ini saya lihat dari resepnya Mbak Hesti. Ini resepnya ya...

Ķue Putu Ayu
Bahan :
150 gram terigu
1/2 sdm tepung kanji
2 butir telur
120 gram gula pasir
1/2 sdt garam
100 cc santan pandan 
2 tetes warna hijau
1/3 butir kelapa
1/2 sdt garam

Cara membuat :
  1. Campur kelapa dan garam aduk rata. Kukus 15 menit. Sisihkan. Setelah agak dingin ambil kelapa sedikit dan padatkan pada cetakan.
  2. Kocok telur, gula dan garam sampai mengembang seperti jambul petruk. Kecilkan kecepatan mixer, masukkan terigu dan tepung kanji sambil perlahan terus dimixer hingga rata. Masukkan santan dan pewarna aduk hingga rata.
  3. Tuang dalam cetakan sampai hampir penuh. Kukus kurang lebih 15 menit dengan api sedang hingga matang.
  4. Angkat. Hilangkan uap panasnya dan lepaskan dari cetskan. Siap disantap. Yummm
Selamat mencoba ^-^

Komentar

Postingan Populer